Ide Olahraga Buat Kamu yang Mager!

Apakah kamu tipe perempuan yang tidak suka ke gym? Membayangkan lari di treadmill membuat kamu berpikir dua kali? Tenang, olahraga ngga harus menjadi kegiatan yang ‘mengerikan’ kok. Kalau kamu bukan tipe yang menikmati kelas olahraga khusus, atau ngga punya waktu untuk membuat jadwal olahraga, masih ada solusi lain. Disadur dari poosh.com, simak beberapa ide simple olahraga yang dapat kamu lakukan di rumah. Don’t stress, just sweat.

Stretching

Saat membuka mata di pagi hari, perhatian cara kamu menggerakkan tubuh untuk membuat diri terbangun. Lakukan peregangan di tempat tidur untuk membangunkan sel-sel tubuh dengan cara merentangkan tangan, lalu bergerak dari sisi kanan ke sisi kiri. Berikutnya: giliran bagian tengah tubuh. Dalam posisi telentang, tekan bagian bawah tubuh di kasur, lalu duduk setengah posisi dan tahan beberapa detik. Rasakan manfaatnya, tubuh langsung terbangun dan terasa lebih segar.

Leg Lifts
Olahraga apa yang bisa dilakukan sambil rebahan? Setelah stretching, lakukan beberapa gerakan mengangkat kaki. Lakukan bergantian dari kaki kanan ke kaki kiri hingga 50 kali.

Pilates Circle
Olahraga yang satu ini membutuhkan alat Bernama Pilates Circle. Bisa dilakukan di atas tempat tidur dan berfungsi untuk beberapa bagian tubuh. Posisikan Pilates Circle di antara pergelangan kaki, tekan dan lakukan gerakan V-Ups (mengangkat torso tubuh dan kaki bersamaan seperti huruf V). Untuk melatih bagian dalam paha, tekan Pilates Circle di antara kaki.Lakukan ini untuk mendapatkan core dan bagian dalam paha yang kencang.

Downward Dog
Cara sempurna untuk memulai hari kamu, downward dog akan meregangkan seluruh tubuh kamu sambil mengaktifkan otot di bagian abdomen dan bahu. Gerakan popular ini dimulai dengan posisi plank, tangan selebar bahu dengan garis lurus dari ujung kepala hingga ujung kaki. Dengan otot perut, angkat pinggul ke atas. Nikmati peregangan ini sambil menggerakan tumit kaki secara bergantian untuk melatih bagian betis. Lakukan dan rasakan kenyamanannya untuk tubuh kamu, sambil bernafas.

Jumping Jacks
Lancarkan peredaran darah dan tingkatkan detak jantung dengan melakukan 40 kali gerakan jumping jacks, dikalikan 4 set. Kamu dapat ulangi set ini kapanpun kamu mau dalam satu hari!

Planks
Planks adalah gerakan dengan intensitas rendah yang mengaktifkan seluruh tubuh. Dapat kamu dengan bertumpu pada lengan bawah maupun telapak tangan, angkat torso kamu dan menciptakan garis lurus dari ujung kepala hingga ujung kaki. Pastikan bagian perut kamu kencang untuk mengaktifkan core. Planks juga dapat dilakukan di satu sisi, mengandalkan kekuatan abdomen agar seimbang dan melatih bagian samping dan tengan perut. Tahan selama 60 detik.

Squats
Squats adalah gerakan wajib untuk melatih bagian paha dan bokong, sambil mengencangkan abdomen. Letakkan kaki selebar pinggul, posisikan berat badan ke tumit dan turunkan bagian bokong kamu menyerupai gerakan ingin duduk. Pastikan punggung kamu lurus agar untuk melindungi punggung bawah dan lutut. Lakukan 20 kali dan rasakan pedasnya!  nt 20 times and feel the burn.

Sit-ups
Gerakan wajib untuk mendapatkan perut kencang nan seksi! Mulai dengan posisi telentang, letakkan telapak kaki di lantai dengan tumit dekat ke bokong. Dengan tangan di belakang kepala, siku lebar, angkat kepala, leher dan bahu ke atas. Ingin tantangan? Letakkan kaki dengan posisi lebih tinggi, misalnya di kursi atau meja. Kemudian, angkat kepala, leher dan bahu hingga mencapai paha. Ulangi 20-30 kali.

Plie reps
Plie reps adalah gerakan yang menggunakan berat tubuh untuk meregangkan dan melatih otot. Posisikan kaki lebih lebar dari pinggul dengan jari kaki mengarah ke luar. Turunkan bokong menyerupai posisi duduk secara perlahan. Pastikan berat tubuh bertumbu ke tumit untuk melindungi punggung bawah dan lutut. Ulangi gerakan ini 10-20 kali untuk melatih otot kaki dan abdomen secara low-impact.

Jumping in Place/Jogging in Place
Running atau berlari memang bukan untuk semua orang. Lakukan cardio versi kamu dengan lari atau lompat di tempat. Tidak perlu banyak penjelasan atau koordinasi, namun kedua gerakan ini akan meningkatkan detak jantung dan menghasilkan keringat. Diiringi dengan lagu sebagai penyemangat, workout ini adalah salah satu cara mudah untuk membakar kalori!

Blast Your Favorite Song and Choreograph a Dance Routine

Olahraga tidak harus selalu terstruktur dan berat. Kalau kamu ingin membakar kalori dengan cepat dan meningkatkan serotonin, pasang lagu bersemangat favorit kamu, lalu joget dengan sepenuh hati.Ya, dancing adalah cara menyenangkan untuk menggerakan tubuh, melancarkan peredaran darah bahkan membakar kalori!