Cara Tidur Nyenyak Sepanjang Malam Berdasarkan Para Ahli

Setelah melewati hari yang panjang, pasti tubuh kamu lelah. Kadang, ketika terlalu lelah, tidur justru menjadi tidak nyenyak. Terbangun beberapa kali atau gelisah sepanjang malam membuat istirahat tidak berkualitas.

Apa penyebabnya? Dilansir dari poosh.com, Alanna McGinn sebagai ahli dalam hal tidur dan pemilik situs goodnightlseepsite.com, tubuh yang lelah tidak menjamin kualitas tidur. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk tubuh, pikiran dan energi sebelum waktu tidur untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas. Kebiasaan positif berikut bisa membuat perubahan bagi tidur kamu!

Kurangi kafein, nikotin dan alkohol

Kafein yang terkandung dalam kopi, teh dan soda, begitu juga dengan nikotin, bekerja sebagai stimulan untuk menjaga kamu tetap segar dan sadar. Alkohol dapat membuat kamu mudah mengantuk, namun kualitas tidur masuk kategori light sleep.

\Olahraga rutin

Agar mudah tertidur dengan kualitas istirahat yang optimal, olahraga rutin perlu dilakukan untuk meningkatkan detak jantung. Coba untuk lakukan olahraga 30 menit setiap hari atau 150 menit per minggu.

Jauhkan gawai dari kamar tidur

Teknologi memaparkan sinar biru yang memberikan stimulasi emosional dan mental, membuat pikiran sulit untuk ditenangkan untuk bisa tidur. Banyak orang yang mengaku dapat tidur dengan suara televisi, namun kenyataannya otak masih bekerja dan tidak tidur sepenuhnya. Akibatnya, kamu tidak mendapatkan istirahat restoratif yang diperlukan tubuh dan kualitas tidur tidak optimal.

Ciptakan suasana tidur yang nyaman

Kualitas tidur dan ranjang memiliki hubungan yang erat, jadi penting untuk membuat suasana sekitar ranjang terasa kondusif dan nyaman untuk menciptakan istirahat yang optimal. Tidur dalam suasana yang tenang dan rileks dapat membantu mengurangi level stres dan ansietas, membuat kualitas tidur lebih baik.

Fokus pada 5 indra berikut:

1. Indra penglihat: masker mata, warna kamar tidur, dan sebagainya

2. Indra pendengaran: penutup telinga, musik menenangkan

3. Indra penciuman: aromaterapi

4. Indra peraba: seprai, piama

5. Indra perasa: teh herbal, minuman 

Tidak kunjung tertidur? Jangan dipaksa

Akan ada malam-malam yang tidur sulit sekali tercapai. Kadang tubuh perlu 'dilatih' untuk tidur pada waktunya, dan menatap jam sambil menunggu kantuk datang hanya akan menimbulkan ansietas. Coba untuk pergi ke ruangan lain dan lakukan aktivitas menenangkan seperti membaca buku, minum segelas susu hangat, sampai kantuk itu datang.